Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

pertanyaan seputar perbankan, serta solusinya.

Seiring berjalannya waktu, orang-orang kini mulai mengenal atau memanfaatkan Bank sebagai pilihan untuk menyimpan uang mereka. Oleh sebab itu, Bank sangat dibutuhkan sekali saat ini. Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi dizaman sekarang, kini Bank terus mengembangkan Inovasi- inovasi terbaru didalam dunia perbankan dengan menghadirkan berbagai fasilitas layanan transaksi maupun prodak simpanan yang ditawarkanyan.

Tetapi, tidak sedikit pula transaksi menggunakan perbankan mengalami masalah dalam artian gagal transaksi disebabkan berbagai faktor lainnya.

Perbankan

Pada pembahasan kali ini, saya akan mencoba memberikan beberapa penjelasan tentang berbagai pertanyaan dari nasabah seputar perbankan yang perlu diketahui bersama. Sebagai berikut:

  • Mobile banking terblokir terus Bisakah orang lain mengirim uang ke kita lagi?
Jawabanya tetap bisa, semasih rekening tabungan tersebut masih aktif. Kecuali rekening tabungan tersebut sudah ditutup/diblokir oleh nasabah, makan itu tidak bisa.

  • PIN/pasword Mobile banking terblokir Apa PIN ATM juga ikut terblokir atau sebaliknya?
PIN aplikasi mobile banking dan PIN kartu ATM tidak ada sangkut pautnya, walaupun sobat membuat PIN yang sama antara mobile banking dan kartu ATM. Sobat tetap bisa melakukan transaksi menggunakan ATM seperti biasanya walaupun PIN/pasword mobile banking nya terblokir atau sebaliknya.

  • Kartu ATM tertelan/tertahan di mesin ATM Bank lain, apa bisa diambil kembali?
Tidak bisa karna beda bank. sebab, pihak Bank tidak mempunyai sistem untuk mengecek data data sobat, kalau bukan nasabah nya sendiri. Kecuali kartu ATM tertelan di mesin ATM bank yang sama. Itu bisa diambil kembali oleh sobat.

  • Bisa nda kita penarikan tunai tanpa kartu di mesin ATM bank lain?
Tidak bisa karna beda bank. Sebab, setiap perbankan di Indonesia memiliki sistem jaringan/peraturan masing-masing.

  • Bisa nda perubahan data seperti ganti nomor HP yang terdaftar pada mobile banking BCA, BNI BRI dll tapi beda cabang?
Sebenarnya bisa, tetapi sobat tetap akan diarahkan ke cabang pertama kali sobat mendaftarkan mobile banking tersebut. alangkah baiknya sobat langsung saja datang dikantor cabang dimana pertama kali mendaftarkan mobile banking.

  • Bisa nda penarikan melalui counter teller Bank tanpa buku tabungan/KTP?
Tidak bisa. Dikarenakan pihak Bank membutuhkan fisik buku tabungan/KTP untuk mencocokkan data yang ada di sistem Bank.

  • Bisa nda menghapus riwayat transaksi/mutasi rekening di mobile banking BNI, BCA, BRI dll?
Menghapus riwayat transaksi di mobile banking itu bisa, tetapi jika sobat ingin menghapus mutasi rekening itu tidak bisa. Karena itu Arsip buat Bank sebagai tanda bukti atas semua transaksi yang dilakukan oleh nasabah. Dalam kurun waktu tertentu.

  • Kenapa transfer antar Bank harus memasukkan kode Bank?
Karena kode Bank tersebut merupakan identitas Bank. Supaya transaksi nasabah sesuai jalurnya, maka dari itu dibutuhkan kode Bank. Setiap perbankan yang ada di indonesia memiliki code Bank masing-masing. Kecuali tranfer sesama Bank tidak diperlukan kode Bank.

  • Bisa nda buka rekening pake KTP wilayah/provinsi lain?
Bisa. Asalkan KTP sobat terdaftar di dukcapil, karna perbankan Sekarang sudah bekerja sama dengan dukcapil oleh sebab itu Bank bisa mengecek langsung data sobat yang terdaftar di dukcapil dan mencocokkan pada fisik KTP sobat. Apabila terdapat perbedaan antara fisik KTP dengan data yang terdaftar di dukcapil, makan pihak Bank tidak bisa memproses pembukaan rekening tersebut.

  • Bisa nda pergantian kartu ATM/buku tabungan yang hilang tampa surat keterangan hilang dari kepolisian?
Tidak bisa. Sebab kartu ATM/buku tabungan tersebut masuk dalam surat berharga. Oleh sebab itu harus melampirkan surat kehilangan dari kepolisian yang asli. Sebagai tanda bukti yang harus dipegang oleh Bank bahwasanya itu benar terjadi.

  • Bisa nda buka rekening tapi pake foto kopy KTP buka yang asli?
Tidak bisa. Sebab, Bank membutuhkan fisik KTP asli agar bisa mencocokkan dengan data sobat yang terdaftar di sistem dukcapil. Walaupun data yang terdaftar disistem dukcapil dengan foto kopy KTP sama. Tetap tidak bisa diproses karena itu sudah menjadi peraturan Bank.

  • Perbedaan antara kartu ATM silver, gold dan platinum?
Yang membedakan diantara ketiganya ini terdapat di setoran awal pembukaan rekening dan limit transaksi serta biaya administrasi transaksi dan bulanan.

  • Bisa nda kita mendaftarkan mobile banking tetapi ATM terblokir.
Tetap bisa melalui customer service Bank. Semasih rekening dan nomor handphone sobat yang mau didaftarkan masih aktif.

  • Bisa nda kita ganti kartu yang expired di cabang lainlain?
Tetap bisa layani disemua cabang Bank terkait, dengan membawa KTP, buku tabungan dan kartu ATM yang expired tadi.

  • Bisa nda kita Ganti kartu ATM yang hilang/rusak tapi beda kantor cabang?
Sobat tetap bisa dilayani  membawa surat keterangan hilang dari kantor polisi (bila ATM hilang) sedangkan untuk ATM yang rusak, sobat bawah KTP, buku tabungan dan fisik ATM yang rusak tadi.

  • Kartu ATM tertelan/tertahan di mesin ATM bank lain, apa harus melampirkan surat keterangan dari kepolisian?
Tidak perlu, yang penting sobat masih ingat kartu ATM nya tertelan di mesin ATM apa, lokasi ATMnya dimana , hari dan tanggal berapa. Sebab, yang ditanyakan oleh petugas Bank nanti seputar itu. Jadi sobat harus jawab dengan jujur apa yang ditanyakan kepada sobat nantinya.

  • Bisa nda kita cetakan buku tabungan orang lain?
Itu tidak bisa kalau bukan orang yang mempunyai buku tabungan tersebut, walaupun sodara kandung sekalipun. Kecuali ada surat kuasa ber-tanda tangan diatas materai, yang memuat pihak pertama memberikan kuasa kepada pihak kedua atas rekening tersebut.

  • Berapa sih saldo mengendap yang tersimpan di buku tabungan/ATM?
Untuk saldo mengendap di kartu ATM Rp 50.000 ribu. tetapi, tergantung jenis tabungan apa yang sobat miliki karna setiap Bank memiliki kebijakan masing-masing.

  • Berapa sih setoran awal pembukaan rekening di bank?
Minimal 100 ribu untuk tabungan perorangan. Sedangkan untuk tabungan non perorangan Rp 500 ribu sampai Rp 1 juta ( setiap Bank memiliki peraturan masing-masing).

  • Berapa sih minimal uang yang bisa disetor melalui counter teller Bank?
Rata-rata minimal 10 ribu. Tergantung kebijakan Bank masing-masing.

  • Apasih bedanya kartu ATM chip GPN dengan chip visa dan mastercard?
Untuk kartu ATM chip GPN (gerbang pembayaran nasional) hanya bisa digunakan dalam negeri, sedangkan  chip visa dan mastercard bisa dipake didalam negeri maupun diluar negeri.

  • Berapa tahun massa aktif kartu ATM berlogo chip GPN, visa dan mastercard?
Untuk massa aktif kartu ATM berlogo chip hanya 5 tahun terhitung pertama kali diterbitkan.

Baca juga: 

  1. cara bayar tagihan kartu kredit BSI. 
  2. Cara aman transaksi di ATM. 
  3. Cara mengatasi mobile banking yang error. 

Itulah sedikit Informasi/penjelasan yang bisa saya bagikan kepada sobat, untuk informasi lebih jelasnya silakan sobat menayangkan langsung kepada pihak Bank yang bersangkutan. sebab setiap Bank memiliki peraturan masing-masing.

Posting Komentar untuk "pertanyaan seputar perbankan, serta solusinya."