Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Langkah mudah Cara Ganti Kartu ATM BNI Magnetic Stripe ke Chip

Langkah mudah Cara Ganti Kartu ATM BNI Magnetic Stripe ke Chip | Bank BNI merupakan salah satu perusahaan berbasis Fintech (Financial Technology), yang dituntut untuk mampu menjamin keamanan simpanan sekaligus transaksi para nasabah.

Baru baru inil Bank BNI tbk telah secara resmi mengumumkan kepada nasabah Nya. Bahwasanya bagi nasabah pemilik kartu ATM BNI berbasis magnetic stripe harus di ganti ke kartu ATM BNI berbasis Chip sebelum tanggal 30 November 2021 apabila nasabah tidak melakukan pergantian kartu ATM, maka pihak Bank BNI akan memblokir/menonaktifkan kartu ATM BNI berbasis magnetic stripe, Setelah tanggal tersebut.

Secara otomatis kartu ATM BNI Magnetic strip tidak bisa digunakanlagi untuk transaksi seperti tarik tunai, transfer sesama Bank maupun antar Bank, pembelian dan  ppembayaran dll.

Pergantian kartu BNI Magnetic strip ke chip bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan dan memanilisir kejahatan perbankan yang biasa di sebut skimming (pencurian data nasabah) dan kejahatan lainnya.

Ciri-ciri Kartu ATM BNI berbasis Chip adalah dengan adanya logo chip berwarna keemas didepan kartu ATM. sedangkan untuk kartu BNI yang berbasis pita magnetic stripe tidak terdapat logo Chip di depan kartu.  magnetic stripe adanya di bagian belakang kartu ATM.

gambar dibawah ini merupakan contoh kartu ATM yang berbasis chip dan yang berbasis pita magnetic stripe.

Kartu ATM

Bank Indonesia (BI) selaku pemegang otoritas tertinggi dalam industri perbankan memberlakukan aturan berdasarkan kebijakan regulasi Bank Indonesia yang tertuang pada surat edaran BI dengan nomor 17/52/DKSP tanggal 30 Desember 2015, yang menjelaskan tentang Standar Nasional Penggunaan Teknologi Chip yang diberlakukan untuk semua kartu ATM perbankan yang di Indonesia.

Nah, pada pembahasan ini kami akan coba menjelaskan tata cara melakukan pergantian kartu ATM BNI yang berbasis pita magnetic stripe ke kartu ATM BNI berlogo chip. Sebagai berikut:

Persyaratan yang perlu disiapkan.

  1. Kartu identitas KTP asli.
  2. Buku tabungan.
  3. Kartu ATM lama ( magnetic stripe).
  4. Apabila kartu ATM atau buku tabungan hilang, sobat terlebih dahulu mengurus surat keterangan hilang dari kantor polisi terdekat.

Langkah 1.
Jika persyaratan semuanya sudah lengkap, selanjutnya sobat mengunjungi kantor cabang bank BNI terdekat dari tempat/kota sobat semua.

Langkah 2.
Melapor kepada security Bank BNI, bahwa sobat ingin mengganti kartu ATM pita magnetic stripe ke kartu ATM BNI berlogo chip.

Langkah 3.
Ambil nomor antrian customer servicenya, dan tunggu sampai nomor antrian sobat dipanggil oleh petugas customer service.

Langkah 4.
Selanjutnya sobat sampaikan ke petugas customer service, bahwasanya sobat ingin mengganti kartu ATM BNI pita magnetic stripe ke kartu ATM BNI berlogo chip.

Langkah 5.
Lalu sobat serahkan semua kelengkapan berkas yang di minta oleh customer service seperti KTP, buku tabungan dan kartu ATM lama.

Langkah 6.
Selanjutnya customer service akan melakukan verifikasi data, Jika data sudah sesuai, maka petugas customer service akan melakukan pergantian kartu ATM lama ke kartu ATM baru yang berlogo chip.
Selesai.

Sekarang pergantian kartu ATM sobat sudah selesai dan sudah bisa digunakan untuk bertransaksi seperti biasanya tanpa ada lagi rasa takut karena kartu ATM BNI yang berlogo Chip telah dilengkapi dengan keamanan 6 digit PIN.

Baca juga:

Apa Pergantian kartu ATM BNI Magnetic ke kartu ATM Chip dikenakan biaya tambahan?

Untuk pergantiannya tidak dikenakan biaya tambahan alias gratis, kecuali kartu ATM magnetic stripe sobat hilang (tidak terdapat fisik ATM) pada saat mau diganti ke kartu ATM chip, maka dikenakan biaya tambahan Rp 25 ribu. Dengan catatan harus melampirkan surat keterangan hilang dari kepolisian terdekat.

Sekian dulu penjelasan yang bisa kami sampaikan kepada sobat mengenai tata cara pergantian kartu ATM BNI Magnetic stripe ke chip, semoga tulisan diatas bisa bermanfaat bagi sobat semua. Terimakasih...

Posting Komentar untuk "6 Langkah mudah Cara Ganti Kartu ATM BNI Magnetic Stripe ke Chip"