Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab dan Cara mengatasi gagal tranfer menggunakan mobile banking, interner banking dan SMS banking

Saat ini pengguna kartu ATM, mobile banking, internet banking dan SMS banking untuk bertransaksi secara online melaui perbankan di Indonesia semakin berkembang dari waktu ke waktu.

Sebab, dengan adanya mobile banking, internet banking dan SMS banking nasabah semakin cepat, mudah dan efisien dalam melakukan sebuah transaksi seperti halnya, tranfer sesama bank maupun antar bank, pembelian, pembayaran, dan lain-lain.

Sehingga nasabah tidak perlu lagi datang kekantor bank atau ATM hanya untuk melakukan tranfer sejumlah uang kepada keluarga dikampung atau teman anda.

Uang

Tetapi Sering kali transaksi secara online menggunakan ketiga cara diatas mengalami kegagalan dalam artian gagal tranfer kepada bank tujuan (sesama bank/antar bank), salah satu penyebabnya adalah ganguan jaringan, sehingga mengakibatkan sejumlah uang yang di tranfer gagal masuk ke rekening tujuan.

Baca juga: Cara transfer dan Penyebab kegagalan transfer dengan metode kliring dan RTGS.

Padahal tranfer anda sukses dan juga anda sudah mempunyai bukti struk/resi yang dipegang, bahwa tranfer anda sukses dan saldo anda sudah terdebet dengan nominal sekian.

Pertanyaannya adalah, uang yang di tranfer tadi masuk dimana sehingga tidak masuk ke rekening bank tujuan?

Untuk menjawab semua pertanyaan anda silakan baca dan pahami semua tulisan di artikel ini sampai habis, karna disini saya akan membahas secara lengkap mengenai gagal tranfer menggunakan ATM, mobile banking, internet banking, dan SMS banking.

Sejumlah uang yang anda tranfer tadi  tidak hilang, cuman uang yang ditransfer tadi masuk di rekening perantara,

Rekening perantara merupakan rekening penampungan sementara atas suatu transaksi yang gagal dikarenakan ganguan jaringan pada sistem perbankan seperti transaksi (kredit/uang masuk).
Pada literatur perbankan universal,  rekening perantara bank disebut sebagai rekening GNC (Giro Non customer)

Untuk uang anda yang ada didalam rekening perantara tadi, tetep akan dikembalikan kepada bank pengirim, (bukan langsung masuk ke bank penerima). Tetapi butuh waktu untuk memprosesnya, maksimal waktu yang dibutuhkan adalah 20 hari kerja, (tidak terhitung hari sabtu dan minggu).

Untuk syarat dan ketentuan memprosesnya adalah, siapkan buku tabungan, kartu ATM dan KTP asli.

Jika buku tabungan/kartu debit anda hilang mohon anda uruskan terlebih dahulu surat keterangan kehilangan dari kantor polisi terdekat, agar buku tabungan/kartu debit anda bisa dibuatkan yang baru.
sedangkan klo kartu Identitas anda yang hilang, mohon anda mengambil surat keterangan dari dukcapil, untuk dibuatkan KTP sementara yang memuat didalamnya nomor NIK, nama lengkap, alamat, pekerjaan, agama dan terdapat pas foto Anda, serta sudah di tanda tangan oleh penjabat dukcapil dan sudah distempel, yang berlaku selama 6 bulan.

Jika persyaratan semua sudah lengkap, ada 2 cara yang bisa jadi pilihan buat anda untuk memproses uang yang ada di rekening perantara tersebut yaitu dengan cara:

  • Melalui customer service kantor cabang bank terkait.
  • Menghubungi langsung call centre bank terkait.

Melalui customer service bank. 

  • silahkan anda berkunjung kekantor cabang KC/KCP dengan membawa persyaratan diatas.
  • Ambil nomor customer service.
  • Selanjutnya customer service akan membuat surat pengaduan Anda dan memberikan nomor tiket, nomor tiket tersebut adalah sebagai tanda bukti bahwasanya Anda sudah melakukan pengaduan melalui customer service.
  • Maka customer service akan menjelaskan bahwa untuk mengembalikan uang anda di dalam rekening perantara, paling lama 20 hari kerja.

Melalui call center.

  • Pastikan bahwa pulsa tersedia dengan cukup didalam ponsel Anda.
  • menghubungi langsung call centre bank terkait, untuk melakukan pengaduan atas transaksi yang gagal tersebut, Dengan menyiapkan persyaratan diatas.
  • Selanjutnya customer service call centre bank akan mengajukan beberapa pertanyaan kepada, seperti nama lengkap, alamat, nama ibu kandung, nomor ponsel, nomor rekening sama nomor kartu ATM, dan jenis kartu ATM anda, contoh jenis kartu ATM BRI syariah yaitu ATM blue, gold dan platinum.
  • Jika data anda sesuai, maka customer service call center akan memproses perihal pengaduan anda dan akan mengirimkan tiket pengaduan melaui via SMS atau langsung saja catat di kertas, nomor tiket tersebut.
  • Silahkan anda menunggu paling lama 20 hari kerja, baru bisa di kembalikan uang didalam rekening perantara tersebut.

Sebagai informasi: diharapkan (bukan melarang) kepada Anda semua agar menghindari transaksi tranfer, pembeli, dan pembayaran dalam jumlah besar di akhir bulan, biasanya pada akhir bulan lalulintas jaringan/sistem perbankan agak sedikit terganggu.

Mungkin itu saja penjelasan yang bisa saya bagian kepada teman teman- semua dan semoga bermanfaat. 

Posting Komentar untuk "Penyebab dan Cara mengatasi gagal tranfer menggunakan mobile banking, interner banking dan SMS banking"