Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara transfer dari Bank BCA ke Bank BSI

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Transfer merupakan fasilitas layanan
Yang diberikan Bank kepada nasabah untuk menjalankan suatu transaksi pengiriman sejumlah uang ke rekening bank lain Maupun sesama Bank.

Fasilitas layanan transaksi transfer yang ditawarkan Bank kepada nasabah sangat beragam yaitu, bisa transfer melalui teller Bank, mesin ATM, e-chanel BCA ( mobile banking, internet banking, dan SMS banking). nasabah tinggi pilih sesuai keinginannya.

Tetapi untuk bisa menjalankan suatu perintah transfer/pemindabukuan ke rekening Bank lain Sobat perlu mengetahui terlebih dahulu kode bank tujuannya supaya transaksi bisa berhasil dan sampai pada Bank tujuan.

Setiap Bank yang ada di seluruh dunia khususnya di Indonesia memiliki Kode Bank yang berbeda-beda jadi, kode Bank inilah menandakan sebuah identitas diri Bank tersebut. Maka pada saat nasabah melakukan transfer ke Bank lain diwajibkan memasukkan kode Bank tujuan di ikuti dengan nomor rekening bank tersebut.

Pada artikel kali ini jurnalbank.com akan menjelaskan cara transfer dari Bank BCA ke Bank Syariah Indonesia BSI mengingat Bank BSI sendiri adalah Bank baru yang didirikan oleh pemerintah republik Indonesia pada tanggal 1 Februari 2021 dari hasil merger 3 tiga Bank Syariah ( BRI Syariah, BNI Syariah dan Mandiri Syariah).

Sebelum di gabung menjadi Bank Syariah Indonesia BSI dari ketiga Bank ini memiliki Kode Bank/kode transfer masing-masing ( BNIS 427, BSM 451, BRIS 422) setelah digabung menjadi Bank Syariah Indonesia BSI banyak sekali nasabah BCA maupun nasabah Bank lain yang bertanya-tanya Kode Bank BSI sekarang itu berapa. Untuk Kode Bank yang digunakan oleh BSI sekarang adalah 451 yang merupakan Kode Bank dari salah satu Bank hasil penggabungan yaitu Bank Syariah Mandiri.

Tetapi yang menjadi pertanyaan bagi nasabah adalah ketika nasabah melakukan transfer dari Bank BCA ke BSI melalui mesin ATM maupun M-BCA tidak terdapat nama Bank Syariah Indonesia BSI didalam daftar kode Bank pada mesin ATM maupun M-BCA, Yang ada hanya nama Bank Mandiri Syariah/BSI Ex Mandiri Syariah, Bank BRI Syariah/BSI Ex Bank BRI Syariah BRIS, Bank BNI Syariah/ BSI Ex BNI Syariah BNIS. Inilah yang membuat nasabah menjadi bingung pada saat melakukan transfer dari BCA ke BSI.
Hal ini dikarena sistem migrasi rekening Bank legacy BRIS dan BNIS ke BSI dilakukan secara bertahap untuk tiap-tiap wilayah di Indonesia. Oleh sebab itu masih terbaca nama dari Bank legacy.

ATM

Nah, dibawah ini adalah tata cara melakukan transfer dari Bank BCA ke Bank BSI menggunakan mesin ATM dan M-BCA (mobile banking BCA).

Menggunakan mesin ATM BCA.
Sebelum sobat melakukan transaksi di ATM, alangkah baiknya memeriksa terlebih dahulu kondisi ATM tersebut apabila terdapat hal-hal mencurigakan silahkan sobat secepatnya melapor kepada pihak terkait.

  1. Masukan kartu ATM.
  2. Masukan PIN.
  3. Pilih transaksi lainya.
  4. Pilih transfer.
  5. Pilih ke rek Bank lain.
  6. Pilih daftar sandi Bank (daftar kode Bank), silahkan sobat cari kode Bank BSI BSM/BSI Ex BSM, jika sobat sudah mengetahui Kode Bank BSI langsung masukan saja 451, lalu klik benar.
  7. Masukkan nominal, lalu klik benar.
  8. Masukkan nomor rekening BSI, lalu klik benar.
  9. Selanjutnya layar ATM akan menampilkan halaman konfirmasi, Jika sudah sesuai, Lalu klik benar.
  10. Tunggu sampai layar ATM menampilkan transaksi Anda berhasil.
  11. Secara otomatis mesin ATM akan mengeluarkan struk tanda bukti transfer sobat tadi.
  12. Pilih tidak untuk mengambil kartu ATM nya, jika sobat ingin bertransaksi lagi pilihan ya.
  13. Silahkan ambil struk beserta kartu ATM nya.
  14. Selesai.

Mobile banking

Menggunakan M-BCA (Mobile banking).
Sebelum sobat melakukan suatu transaksi menggunakan M-BCA alangkah baiknya sobat memastikan terlebih dahulu jaringan internet sobat dalam keadaan Bagus/lancar.

  1. Bukan aplikasi M-BCA.
  2. Pilih M-BCA.
  3. Masukkan Kode akses, Lalu klik login.
  4. Pilih  M-transfer.
  5. Pilih antara Bank.
  6. Pilih Bank, sobat cari Bank BSI BSM/BSI Ex BSM.
  7. Masukkan nomor rekening BSI.
  8. Masukkan nominal yang mau ditransfer.
  9. Pilih dari rekening, (jika memiliki lebih dari satu rekening), Lalu klik send dipojok kanan atas.
  10. Selanjutnya akan ditampilkan halaman konfirmasi, jika data sudah sesuai, Lalu klik Ok.
  11. Masukkan PIN M-BCA, lalu klik Ok.
  12. Selesai.

Baca juga:

Semoga tulisan diatas bisa menjadi solusi bagi sobat yang masih bingung bagaimana cara transfer dari Bank BCA ke Bank BSI.
Terimakasih......

Posting Komentar untuk "Cara transfer dari Bank BCA ke Bank BSI"