Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beberapa Penyebab ATM BCA Tidak Bisa Digunakan: Keterangan Error & Solusinya

Kartu ATM (anjungan tunain mandiri) merupakan kartu yang terbuat dari plastik yang digunakan sebagai media transaksi yang diberikan oleh Bank kepada nasabah saat melakukan pembukaan rekening di Bank.

Dengan Kartu ATM tersebut nasabah dengan mudah untuk melakukan transaksi secara online melalui ATM di seluruh Indonesia.

Terkadang ada aja permasalahan yang muncul pada saat mau bertransaksi menggunakan kartu ATM . Untuk masalah-masalah yang muncul biasanya bervariasi salah satunya adalah gangguan jaringan.

Mesin ATM

Nah, untuk artikel kali ini saya akan mencoba menjelaskan tentang beberapa permasalahan yang menyebabkan ATM BCA tidak bisa menjalankan suatu Transaksi, beserta solusinya. Sebagai berikut:

1. ATM BCA gangguan.
"Keterangan" Transaksi tidak dapat diproses. Gangguan seperti ini biasanya disebabkan oleh gangguan sistem jaringan Bank BCA.

Apabila sobat mendapatkan permasalahan seperti ini, alangkah baiknya sobat mencoba bertransaksi di ATM BCA yang lain atau di ATM Bank lain, apabila masih seperti itu, sobat coba lagi bertransaksi beberapa saat lagi.
Untuk memastikan bahwa jaringan ATM BCA benar-benar gangguan kalian dapat mengubungi call center BCA di nomor 1500888 atau bertanya langsung ke kantor Bank BCA terdekat.

2. Mesin ATM rusak.
Hal ini bisa saja terjadi dikarenakan  mesin ATM BCA sengaja di kasih rusak secara online/offline dengan berbagai alasan tertentu. Atau mungkin Perlu di ganti dengan mesin ATM yang baru.

Apabila mesin ATM BCA rusak biasanya petugas Bank BCA akan menempelkan pemberitahuan/pengumuman Pada pintu mesin ATM bahwa mesin ATM sedang offline atau
Dalam perbaikan.

3. Kartu ATM BCA rusak.
Bagi pengguna kartu ATM pasti pernah mengalami hal seperti ini entah itu kartu ATM patah, pita magnetic tergores, Smart Chip rusak dan kartu ATM bengkok.

Apabila kartu ATM BCA mengalami salah satu dengan jenis kerusakan seperti diatas, otomatis transaksi sobat tidak bisa di proses pada saat melakukan transaksi melalui mesin ATM BCA maupun Bank lain.

Jika sudah demikian dan langkah yang paling tepat adalah sobat segera mengganti kartu ATM nya dengan kartu ATM baru melalui customer service CS Bank BCA dengan biaya yang dibebankan kepada Anda sekitar Rp 25.000.

4. Kartu ATM BCA Expired/ kadaluwarsa.
Permasalah seperti ini jarang sekali diketahui oleh nasabah sebab, bukan cuman makanan yang memiliki tanggal kadaluwarsa, kartu ATM BCA juga memiliki tanggal kadaluwarsa.

Kartu ATM BCA yang kadaluwarsa sama halnya dengan Kartu ATM BCA yang rusak fisiknya, sama-sama tidak bisa digunakan untuk bertransaksi.

Untuk mengecek tanggal expired/kadaluwarsa kartu ATM BCA, bisa sobat lihat pada bagian depan kartu yang bertuliskan VALID THRU diikutin dengan angka (contoh VALID THRU 03/25), artinya massa aktif kartu ATM tersebut hanya sampai bulan 03 Maret 2025).

Solusi untuk kartu ATM BCA kadaluarsa adalah sobat harus menggantinya dengan kartu debit BCA yang  baru, dengan datang ke kantor cabang Bank BCA terdekat serta membawa kartu ATM Kadaluarsa, Buku tabungan, KTP dan uang tunai sebesar Rp 25.000.

5. Rekening BCA pasif/dormant.
Kejadian seperti ini biasanya disebabkan oleh tidak adanya kegiatan transaksi dari rekening BCA kalian selama 6 (enam) bulan berturut-turut. Dan secara otomatis rekening BCA kalian akan di nonaktifkan untuk sementara waktu dan Biasanya, rekening BCA pasif/dormant kalian tidak dapat melakukan transaksi seperti penarikan maupun penyetoran.

Solusi untuk rekening BCA yang pasif/dormant kalian harus datang ke kantor cabang Bank BCA terdekat untuk mengaktifkan kembali melalui customer service CS dengan membawa Kartu ATM BCA, Buku tabungan, KTP dan uang tunai.

6. kartu ATM BCA terblokir.
Kejadian seperti ini sangat sering sekali terjadi bagi pengguna kartu ATM khususnya nasabah Bank BCA

Kartu ATM terblokir biasanya disebabkan oleh pengguna kartu ATM BCA salah memasukkan PIN 3 (tiga) kali secara berturut-turut. atau mungkin sengaja di blokir karena berbagai alasan, salah satunya adalah  Kartu ATM hilang. Maka Secara otomatis kartu ATM BCA kalian akan diblokir oleh sistem BCA itu sendiri. dan secara otomatis juga kartu ATM kalian tidak bisa digunakan lagi untuk berbagai transaksi.

Biasanya, kartu ATM BCA terblokir, pada saat dimasukkan didalam mesin ATM, kartu ATM BCA langsung keluar sendiri secara otomatis.

Solusi untuk Kartu ATM BCA terblokir, dapat saya sampaikan kalian  melakukan pergantian kartu ATM di kantor cabang Bank BCA terdekat dengan membawa membawa KTP, buku tabungan, dan fisik Kartu BCA yang terblokir. Apabila kartu ATM BCA diblokir karena hilang maka kalian wajib melampirkan surat keterangan hilang dari kantor polisi. Untuk biaya pergantian kartu ATM sebesar Rp 25.000.

Baca juga:

Itulah sedikit ulasan yang bisa saya bagikan kepada kalian perihal beberapa penyebab kartu ATM BCA tidak bisa digunakan,  ulasan belum menyajikan informasi yang kalian cari, Silahkan kunjungi Bank Mandiri terdekat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Semoga bermanfaat.
Terimakasih....

Posting Komentar untuk "Beberapa Penyebab ATM BCA Tidak Bisa Digunakan: Keterangan Error & Solusinya"