Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mengurus kartu ATM BCA yang tertelan di mesin ATM.

Setiap nasabah membuat rekening di bank BCA, pasti mendapatkan kartu ATM dengan kartu ATM itu nasabah lebih mudah bertransaksi pembelian maupun pembayaran tampa uang tunai, maka ketika nasabah berpergian jauh tidak perlu membawa banyak uang di dompet/tas.

Nasabah tidak perlu khawatir dengan keamanan dari kartu ATM, sebab kartu ATM sudah dilengkapi dengan pasword berjumlah 6 digit angka yang dibuat sesuai keinginan nasabah.

Tetapi apa jadinya jika kartu ATM tersebut tertahan di mesin ATM, padahal anda mau penarikan tunai untuk membayar suatu barang yang anda beli.

Untuk masalah seperti Itu bukan hal yang baru bagi nasabah BCA. Berikut ini prosedur yang perlu diketahui oleh anda untuk memproses kartu ATM BCA tertelan di mesin ATM.

Jika kartu ATM yang tertelan di dalam pertokoan, perkantoran, kampus, rumah sakit atau di luar lokasi cabang (area Jadetabek), maka kartu ATM akan dihancurkan.

Saya sarankan Anda datang ke cabang BCA terdekat untuk memastikan apakah kartunya telah teregister sebagai kartu tertahan sehingga dapat segera melakukan pergantian kartu ATM baru. Untuk Pergantian kartu ATM (instant) dapat dilakukan pada hari yang sama dan tanpa biaya apabila kartu ATM sudah teregister sebagai kartu tertelan dengan membawa
KTP asli dan Verifikasi PIN.

Kartu ATM BCA

jika kartu anda tidak teregister sebagai kartu tertelan, anda akan dikenakan biaya pergantian kartu ATM.

Jika KTP anda terdapat perubahan data, pergantian kartu ATM yang tertelan dapat dilakukan di cabang asal buka rekening dengan membawa
KTP asli dan Verifikasi PIN.

Baca juga: Cara mengatasi BCA mobile banking terblokir. 

Kalau kartu anda tertelan di p dalam Cabang BCA (berlaku Nasional), maka anda harus datang ke cabang yang bersangkutan untuk memastikan apakah kartu ATM tersebut telah teregister sebagai kartu tertelan. Jika teregister sebagai kartu ATM yang tertelan, anda dapat mengambil kartu ATM yang tertelan dengan membawa
KTP asli dan Verifikasi PIN.

Akan tetapi jika tidak teregister sebagai kartu tertelan, pergantian kartu ATM yang baru (instant) dapat dilakukan pada hari yang sama, namun nasabah akan dikenakan biaya pergantian kartu ATM jika jenis kartu ATM yang hilang.

Jika KTP anda terdapat perubahan data, pergantian kartu ATM yang tertelan dapat dilakukan di cabang asal buka rekening dengan membawa
KTP asli dan Verifikasi PIN.

Jika kartu ATM Anda tertelan di luar Kantor Cabang BCA (di luar area Jadetabek), sarankan untuk mengambil kartu ATM yang tertelan di cabang koordinator maksimal 5 hari kerja sejak kartu ATM tertahan dengan melampirkan KTP asli dan Verifikasi PIN.

Anda juga bisa datang ke Cabang BCA terdekat untuk melakukan pengecekan kartu ATM tertelan maksimal 5 hari kerja. Jika kartu ATM tersebut teregister sebagai kartu tertelan, maka pergantian kartu ATM tidak akan dikenakan biaya akan tetapi jika tidak teregister sebagai kartu ATM tertelan maka dikenakan biaya pergantian kartu ATM.

Jika KTP anda terdapat perubahan data, pergantian kartu ATM yang tertelan dapat dilakukan di cabang asal buka rekening dengan melampirkan KTP asli dan Verifikasi PIN.

Baca juga: Cara Mengetahui Kadaluwarsa (expired) Kartu ATM BCA.

untuk proses yang dilakukan di Cabang BCA dalam kepengurusan kartu ATM, mohon anda membawa kelengkapan dokumen berupa kartu identitas diri KTP dan buku tabungan.

Untuk saat ini sudah bisa dilakukan implementasi awal untuk kartu tertelan pada mesin ATM dan ANT merek Wincor dan Hyosung. Kartu yang tertelan di mesin ATM BCA otomatis akan diblokir sehingga layanan Mobile Banking dan KlikBCA Individu juga ikut terblokir. Apabila anda ingin menggunakan kembali fasilitas mobile banking, maka dapat menghubungi call centre BCA 1500888 atau Cabang BCA terdekat.

Dibawah ini jenis kartu tertelan yang terblokir otomatis secara sistem adalah sebagai berikut:

1. Kartu Paspor.
2. Kartu Tapres.
3. Kartu BCA Dollar.
4. Kartu TabunganKu.
5. Kartu Xpresi.

saat kartu tertelan di mesin ATM/ANT BCA akan mencetak struk yang berisikan informasi WSID, tanggal dan jam kartu tertelan serta nomor kartu tertelan. Untuk Struk sendri hanya dapat dicetak untuk kartu yang tertelan karena tersangkut di mesin dan atas instruksi dari Bank penerbit kartu terkait dengan status kartu hilang, dicuri, atau terindikasi fraud.

Apabila anda memiliki fasilitas e-Channel seperti (Klik BCA, m-BCA, dan SMS BCA) maka ikut terblokir sementara dan secara otomatis terkoneksi ke kartu ATM baru dan dapat digunakan langsung pada hari yang sama setelah dilakukan pergantian kartu ATM, sehingga anda tidak perlu melakukan registrasi ulang atas fasilitas tersebut.

Sebagai informasi, pergantian Kartu Paspor BCA (Magnetic stripe/Chip) ke Kartu Paspor Mastercard tidak dikenakan biaya. Termasuk dengan alasan upgrade/downgrade/rusak/hilang/tertahan. Namun jika kartu ATM sebelumnya adalah Kartu Paspor BCA Mastercard, untuk pergantian kartu dari Paspor Mastercard ke Paspor Mastercard dikenakan biaya (untuk case tertahan mengikuti prosedur yang berlaku pada ATM Mastercard dan Chip).

Terkait pergantian buku tabungan, apabila buku rekening anda sudah penuh, maka pergantiannya dapat dilakukan di seluruh cabang dan tidak dikenakan biaya pencetakkan buku. Apabila ingin ke kantor cabang, mohon membawa dokumen berupa bukti kepemilikan rekening (buku tabungan, KTP dan kartu ATM.

Untuk informasi lebih lanjut silakan anda hubungan call center bank BCA dinomor (1500888).

Posting Komentar untuk "Cara mengurus kartu ATM BCA yang tertelan di mesin ATM."