Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PENYEBAB ATM BSI TIDAK DAPAT DIGUNAKAN, ERROR & SOLUSINYA

Mendengar kata kartu ATM/kartu debit pasti kalian tidak asing lagi dengan kata yang satu ini. Kartu ATM merupakan sebuah media/alat yang digunakan untuk bertransaksi keuangan. Kartu ATM sendiri iyalah kartu yang terbuat dari bahan plastik khusus yang diterbitkan oleh bank dan diberikan kepada nasabah yang melakukan pembukaan rekening.

Mungkin bagi sebagian dari masyarakat masih bertanya-tanya, kok bisa yah kartu yang ber segi empat yang terbuat dari bahan plastik ini bisa menjalankan suatu transaksi penarikan sejumlah uang dari dalam mesin ATM maupun transaksi keuangan lainnya. Dan mungkin juga bagi sebagian dari masyarakat masih bertanya-tanya perihal keamanan data pribadi maupun uang yang tersimpan di dalamnya.

Bicara soal keamanan data pribadi maupun uang yang tersimpan di dalamnya.kalian tidak perlu meragukannya lagi dari segi keamanannya. Karena didalam kartu ATM sudah dilengkapi dengan PIN dan SMART CHIP yaitu sebuah sistem teknologi yang membawa microchip tertanam didalamnya, dan sudah terbukti kemampuannya dalam menjaga data base nasabah dari segala kejahatan seperti (skimming) pembobolan paksa data nasabah.

ATM BSI KCP Makassar Tamalanrea 1

Namun dengan segala keamanan yang dimiliki, buka tanpa alasan kartu ATM kalian terhindar dari segala problem-problem yang muncul, entah itu dari sistem jaringan bank BSI itu sendiri maupun dari diri nasabah itu sendiri yang kurang memperhatikan ketentuan maupun kebijakan yang sudah dibuat oleh bank BSI, sehingga nasabah tidak sengaja melanggarnya. Oleh karena itu Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan beberapa penyebab kartu ATM BSI maupun mesin ATM BSI tidak dapat menjalankan suatu transaksi, beserta solusinya. Sebagai berikut:

Baca juga: fitur transaksi pada BSI mobile

1. ATM INI TIDAK DAPAT MENGELUARKAN UANG ATAU TRANSAKSI TIDAK DAPAT DIPROSES
Gangguan semacam ini biasanya disebabkan oleh 2 (dua) faktor yaitu gangguan sistem jaringan Bank BSI maupun stok uang yang tersedia pada mesin ATM tersebut habis.

Apabila kalian mendapatkan permasalahan semacam ini, alangkah baiknya kalian mencoba bertransaksi pada mesin ATM BSI lain atau pada mesin ATM Bank lain. Dan apabila masih seperti itu, kalian sabar dulu dan coba lagi bertransaksi beberapa saat kemudian.

Untuk memastikan apakah jaringan ATM BSI benar-benar mengalami gangguan dapat saya sampaikan untuk bertanya langsung ke pihak bank BSI melalui satpam kantor Bank BSI terdekat, maupun
mengubungi langsung call center BSI di nomor 14040.

2. MOHON MAAF, MESIN ATM INI HANYA BISA MELAYANI TRANSAKSI NON TUNAI
Gangguan semacam ini biasanya disebabkan oleh stok uang yang tersedia pada mesin ATM tersebut habis.

Apabila kalian mendapatkan keterangan semacam ini, berarti ATM tersebut tidak dapat melayani transaksi penarikan tunai, hanya bisa melayani transaksi non tunai, seperti cek saldo, pembayaran maupun pembelian.

Biasanya petugas Bank BSI akan menempelkan papan pengumuman Pada pintu mesin ATM bahwa mesin ATM ini hanya bisa melayani transaksi non tunai.

Apabila kalian mendapatkan permasalahan semacam ini, alangkah baiknya kalian mencoba bertransaksi pada mesin ATM BSI lain atau pada mesin ATM Bank lain, yang bisa melayani transaksi penarikan tunai.

Baca juga: cara pembayaran setoran awal haji 2022

3. MOHON MAAF, UNTUK SEMENTARA MESIN ATM INI TIDAK DAPAT DIGUNAKAN KARENA SEDANG ADA GANGGUAN/RUSAK
Apabila kalian mendapatkan keterangan/pemberitahuan semacam ini, berarti ATM itu tidak dapat digunakan untuk bertransaksi karena berbagai alasan tertentu, salah satunya adalah gangguan jaringan, ATM dalam pengisian uang, maupun ATM BSI sengaja di kasih rusak secara online maupun offline. untuk lebih jelasnya kalian bisa bertanya langsung kepada petugas satpam disekitar ATM tersebut.

Biasanya petugas Bank BSI akan menempelkan papan pengumuman Pada pintu mesin ATM bahwa mesin ATM ini sedang gangguan.

Apabila kalian mendapatkan permasalahan seperti ini, baiknya kalian mencoba bertransaksi pada mesin ATM BSI lain atau pada mesin ATM Bank lain.

4. ATM BSI DENGAN KETERANGAN, HOS TIDAK AKTIF
Apabila kalian mendapatkan keterangan semacam ini pada saat kalian bertransaksi pada mesin ATM BSI, berarti ATM tersebut tidak dapat digunakan untuk bertransaksi untuk sementara waktu, karena lagi ada gangguan jaringan.

Apabila kalian mendapatkan permasalahan seperti ini, baiknya kalian mencoba bertransaksi pada mesin ATM BSI lain atau pada mesin ATM Bank lain.

Baca juga: fee/bagi hasil bagi agen BSI smart

5. KARTU ATM BSI RUSAK
Kerusakan kartu ATM, seperti kartu ATM pita magnetic nya tergores, patah, Smart Chip rusak atau kartu ATM bengkok, kita sebagai pengguna pasti pernah mengalami hal seperti ini.

Apabila kartu ATM BSI mengalami salah satu dengan jenis kerusakan seperti diatas, otomatis transaksi kalian tidak bisa di proses pada saat melakukan transaksi melalui mesin ATM BSI maupun Bank lain.

Untuk solusinya, kalian segera mengganti kartu ATM nya dengan kartu ATM baru melalui customer service CS Bank BSI terdekat dengan membawa KTP, buku tabungan dan fisik kartu ATM kalian yang rusak serta uang tunai sekitar Rp 25.000.
Apabila kartu ATM kalian hilang, harus melampirkan surat keterangan hilang dari kepolisian.

6. KARTU ATM BSI EXPIRED/KADALUWARSA
Bukan cuman sebungkus roti tawar yang memiliki tanggal kadaluwarsa, kartu ATM BSI juga memiliki tanggal kadaluwarsa.

Kartu ATM BSI yang expired/kadaluwarsa sama seperti Kartu ATM BSI yang rusak fisiknya, sama-sama tidak bisa digunakan untuk bertransaksi pada mesin ATM BSI maupun Bank lain.

Untuk mengecek tanggal expired/kadaluwarsa kartu ATM BSI, bisa kalian lihat pada bagian depan kartu yang bertuliskan VALID THRU diikutin dengan angka (contoh VALID THRU 01/26), artinya massa aktif kartu ATM tersebut hanya sampai bulan Januari 2026).

Untuk solusi kartu ATM BSI expired/kadaluarsa adalah segera mengganti kartu ATM tersebut dengan kartu baru, melalui customer service CS Bank BSI terdekat dengan membawa KTP, buku tabungan dan fisik kartu ATM kalian yang expired/kadaluwarsa serta uang tunai sekitar Rp 25.000.

Baca juga: penyebab ATM BCA gagal menjalankan transaksi

7. REKENING BSI PASIF/DORMANT
Permasalahan semacam ini biasanya pengaruhi oleh, tidak adanya kegiatan transaksi dari rekening BSI kalian selama 6 (enam) bulan berturut-turut. secara otomatis rekening BSI kalian akan di blokir atau di nonaktifkan untuk sementara waktu. Rekening BSI yang pasif/dormant biasanya, tidak dapat melakukan transaksi finansial maupun non finansial.

Untuk solusi rekening BSI yang pasif/dormant, kalian harus datang ke kantor cabang Bank BSI terdekat untuk mengaktifkan kembali melalui customer service CS dengan membawa KTP, Kartu ATM, Buku tabungan, dan uang tunai.

8. KARTU ATM BSI TERBLOKIR
Kartu ATM BSI yang terblokir biasanya disebabkan karna kalian salah memasukkan PIN 3 (tiga) kali berturut-turut. atau sengaja di blokir karena berbagai alasan, salah satunya adalah  Kartu ATM kalian hilang. Maka Secara otomatis kartu ATM BSI kalian akan diblokir oleh sistem BSI itu sendiri. Dengan begitu kartu ATM kalian tidak bisa digunakan lagi untuk transaksi.

Biasanya kartu ATM BSI yang terblokir akan langsung keluar sendiri secara otomatis pada saat kalian masukkan kedalam mesin ATM dan layar ATM menampilkan kartu sudah diblokir.

Solusi untuk Kartu ATM BSI yang terblokir, kalian langsung melakukan reset PIN di kantor cabang Bank BSI terdekat dengan membawa KTP, buku tabungan, dan fisik Kartu BSI yang terblokir (gratis). Apabila kartu ATM BSI diblokir karena hilang maka kalian wajib melampirkan surat keterangan hilang dari kepolisian. Untuk biaya pergantian kartu ATM sebesar Rp 25.000.

Itulah beberapa penyebab ATM BSI tidak bisa digunakan, keterangan error dan solusinya yang dapat saya bagikan kepada kalian semua.
Terimakasih......

Posting Komentar untuk "PENYEBAB ATM BSI TIDAK DAPAT DIGUNAKAN, ERROR & SOLUSINYA"