Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lengkap, Cara penggunaan fitur-fitur pada BSI mobile Bank Syariah Indonesian

Lengkap, Cara penggunaan fitur-fitur pada BSI mobile Bank Syariah Indonesian | Mungkin bagi sebagian nasabah yang baru mendaftar atau baru menggunakan aplikasi BSI mobile belum terlalu paham atau bisa jadi belum mengetahui menu-menu yang ada didalamnya, mengingat aplikasi BSI mobile adalah aplikasi baru yang diluncurkan oleh Bank syariah Indonesia yang merupakan institusi keuangan syariah terbesar di Indonesia dari hasil merger 3 (tiga) Bank Syariah yaitu BRI Syariah, Mandiri Syariah dan BNI Syariah yang merupakan anak perusahaan dari 3 (tiga) Bank milik BUMN ( BRI, Mandiri dan BNI).

Dari ke 3 (tiga) Bank Syariah yang dimerger ini. Dulunya memiliki masing-masing layanan e-chanel salah satu adalah aplikasi mobile banking yang dinamakan Bris online (Bank BRI Syariah), Mandiri syariah online (Bank Mandiri Syariah) dan BNI Syariah mobile (Bank BNI Syariah).

Al hasil Setelah di merger menjadi Bank Syariah Indonesia BSI. Maka, dari ke 3 (tiga) aplikasi mobile yang dimiliki oleh masing-masing Bank ini berubah nama menjadi BSI mobile.

BSI mobile

Selain perubahan nama, perubahan yang paling menonjol adalah dari segi
sistem yang digunakan oleh BSI itu sendiri. Seperti fitur-fitur/menu yang ada didalam aplikasi BSI mobile itu sendiri serta tata cara melakukan sebuah transaksi perbankan maupun informasi lainnya yang ada didalamnya.

Hal ini lah yang menyebabkan bagi sebagian nasabah mengalami kebingungan dalam menjalankan sebuah transaksi perbankan maupun mengakses informasi pada BSI mobile.

Tetapi sobat semua tidak perlu khawatir lagi sebab, pada pembahasan kali ini saya akan menjelaskan step by step tentang fitur/menu yang terdapat pada BSI mobile dari Bank Syariah Indonesia. sebagai berikut:

BSI mobile

Menu Info rekening.
Merupakan sebuah Menu untuk mengakses informasi tentang rekening yang sobat miliki, seperti: 

  • Informasi Saldo, yaitu untuk mengetahui sisa dana yang tersedia didalam rekening sobat.
  • Daftar mutasi, yaitu untuk mengecek kembali histori transaksi 5,10, sampai 20 terakhir.
  • Tanggal mutasi, yaitu hampir sama seperti daftar mutasi, Tetapi yang membedakan antara keduanya ini adalah dari segi jumlah histori transaksi yang bisa kita lihat serta kita bisa tentukan sendiri per tanggal/bulan berapa yang mau kita lihat transaksinya.
  • Informasi portfolio, yaitu untuk mengecek seperti rekening dana, pembiayaan, Surat berharga, dan berbagi ziswaf yang sobat miliki.
  • Daftar transaksi terjadwal, Yaitu Registrasi notifikasi, untuk mendaftar SMS notifikasi, yang dimana setiap kali melakukan  transaksi sobat akan menerima pemberitahuan/notifikasi entah itu transaksi uang masuk maupun uang keluar.

BSI mobile

Menu Transfer.
Di menu ini sobat bisa melakukan transaksi transfer/pengiriman uang sesama Bank BSI maupun ke Bank lain.

  • Qris, adalah sebuah Menu atau alat pembayaran menggunakan kode QR pada merchant/toko yang sudah bekerja sama, sobat tinggal klik Qris lalu arahkan ke kode QR untuk scan secara otomatis akan muncul nama merchant/toko beserta nominal yang mau sobat bayar, tinggal konfirmasi kepada kasir Lalu bayar selesai.
  • Tarik tunai, adalah sebuah fasilitas layanan transaksi penarikan tunai tanpa kartu melalui mesin ATM BSI dan tokoh Indomaret, jadi sobat tidak perlu Takut lagi ketinggalan kartu ATM dirumah pada saat mau melakukan penarikan tunai.

BSI mobile

Menu bayar,
Yaitu fasilitas pembayaran yang meliputi:

  • Pembayaran PLN.
  • Telpon/HP/Telkom pay.
  • Akademik.
  • Institusi.
  • Tiket pesawat.
  • Asuransi.
  • Data internet/TV kabel.
  • E-commerce yang meliputi pembayaran toko online ( Tokopedia, shopee, Bukalapak dll), BPJS, haji dan umrah dan lainnya.

BSI mobile

Menu beli.
Yaitu pembelian yang meliputi: pembelian pulsa.

  • PLN prepait.
  • e-money.
  • Paket data internet, top up ( ovo, go-pay dll).

BSI mobile

Menu layanan islami.Yang meliputi salah satunya adalahkumpulan jus amma.

  • Juz amma per ayat.
  • Asmaul Husna dll, jadi sobat Bisa membaca ayat suci Al-Quran kapan saja.

BSI mobile

Menu berbagi ziswaf.
Pada Menu ini sobat bisa menyalurkan zakat, infaq, wakaf, dompet dhuafa dll, insyaallah dikelola sesuai dengan prinsip agama Islam.

BSI mobile

Menu e-mas.
Pada Menu ini sobat bisa berinvestasi emas serta sobat bisa melakukan gadai fisik emas melalui aplikasi BSI mobile dengan mudah.

BSI mobile

Menu favorit.
Pada menu ini sobat bisa menyimpan nomor rekening tujuan yang sering digunakan transfer untuk keperluan bisnis dll serta nomor pembayaran maupun pembelian rutin tiap bulan seperti pembayaran PDAM, listrik dll.

BSI mobile

Menu tarik tunai.
Pada menu ini sobat bisa melakukan transaksi tarik tunai tanpa kartu melalui mesin ATM maupun di kasir toko Indomaret terdekat.

BSI mobile

Menu buka rekening.
Sangat cocok sekali bagi sobat yang malas mengantri dikantor BSI untuk buka rekening, dengan menu ini Sobat tidak perlu lagi datang ke kantor BSI untuk pembukaan rekening, cukup sobat buka rekening di rumah aja sambil minum kopi melalui aplikasi BSI mobile.

BSI mobile

Menu top up e-wallet.
Pada menu ini Sobat bisa melakukan top up saldo aplikasi go-pay, ovo dan lainnya tanpa perlu keluar rumah.

BSI mobile

Menu e-commerce.
Pada menu ini sobat bisa melakukan pembayaran tagihan belanja seperti di niTokopedia, Bukalapak, shopee dan lainnya tanpa perlu keluar rumah.

BSI mobile

Transaksi terjadwal, merupakan sistem autodebet yang bisa kita atur tiap bulannya, Perumpamaannya gini Sobat memiliki 2 (dua) jenis tabungan A dan B Nah tabungan A ini tabung payroll atau gaji dan setiap bulannya sobat selalu menyimpan/menyisikan dananya ke tabungan B dengan sistem transfer. Jadi supaya tidak repot tiap bulan input-input/ transfer ke tabungan B maka sobat buatlah transfer itu sebagai transaksi terjdwal di setiap bulannya secara otomatis akan didebet sesuai dana yang sobat atur sebelumnya.

BSI mobile

Menu BSI Keyboard.
dikutip dari website resmi BSI www.bankbsi.co.id BSI Keyboard memungkinkan sobat melakukan transaksi perbankan hanya dengan aplikasi WhatsApp saja.
Dengan begitu sobat tidak perlu lagi membuka aplikasi BSI mobile hanya untuk melakukan transaksi transfer, cek saldo, cek mutasi rekening, top up dll, cukup buka aplikasi WhatsApp untuk bertransaksi sambil berbalas pesan dari do'i nya hhh.

BSI mobile

Menu berlogo Ka'bah masjid.
Dengan menu ini sobat bisa mengecek waktu sholat, arah kiblat dan lokasi masjid terdekatdi daerah/wilayah tersebut.

BSI mobile

Menu berlogo mesin ATM.
Dengan menu ini sobat bisa mengecek lokasi mesin ATM BSI maupun kantor cabang BSI terdekat tanpa perlu lagi menanyakan kepada orang sana sini pada daerah/atau wilayah tersebut.

BSI mobile
Menu berlogo kotak pesan.

Dengan menu ini sobat bisa melakukan pelaporan/pengaduan atas permasalahan yang di alami Pada saat melakukan suatu transaksi yang gagal dll.

BSI mobile

Menu bertuliskan Qris.
Dengan menu ini sobat bisa melakukan pembayaran hanya dengan meng scan barkot/kode QR pada merchant/toko tersebut tanpa perlu mengeluarkan uang tunai untuk membayar suatu barang yang sobat beli.

BSI mobile

Menu kotak pesan bagian atas. dengan menu ini sobat bisa melihat dan membagikan kembali struk/resi tanda bukti dari hasil transaksi yang pernah Sobat lakukan dalam kurun waktu tertentu.

BSI mobile

Menu berlogo barkot/QR.
Dengan menu ini sobat bisa membagikan nomor rekening sobat dengan berbetuk barkot/kode QR yang bisa di scan langsung melalui smartphone.

BSI mobile

Pada menu yang bergaris 3 di pojok kanan atas.
Yaitu Menu alternatif 2 yang memuat didalamnya berupa Menu seperti:
Menejemen kartu, di menu ini sobat bisa melakukan pemblokiran kartu ATM dikarenakan terjadi sesuatu hal, kartu ATM hilang/dicuri oleh orang dll yang bisa mengancam data sobat.
Info kurs dan emas.
Informasi limit transaksi kartu ATM BSI.
Menu aktivasi ulang BSI mobile.
Menu minta kode aktivasi ulang.
Pengaturan kata sandi.
Ubah PIN.
Ubah bahasa.
Email dan tentang aplikasi BSI mobile.

Selain menu-menu di atas, sobat juga bisa menggunakan fitur pencarian otomatis yang berada di pojok kanan atas, sobat cukup ketik nama transaksi apa yang mau dijalankan ( transfer, top up, pembayaran, pembelian dll).

BSI mobile

Demikian yang bisa kami jelaskan kepada sobat semuanya, semoga bermanfaat. Dan jangan lupa baca juga:

Terimakasih...

Posting Komentar untuk "Lengkap, Cara penggunaan fitur-fitur pada BSI mobile Bank Syariah Indonesian"