Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Yuk Kenali Arti Dari Logo Maupun Tulisan Pada Kartu ATM

Bagi kalian yang kerap melakukan transaksi menggunakan jasa perbankan pasti tidak asing lagi dengan yang namanya kartu ATM/debit.

Kartu ATM merupakan sebuah kartu yang terbuat dari bahan plastik, yang diterbitkan oleh Bank. Dengan kartu ATM tersebut memungkinkan nasabah bisa melakukan semua jenis transaksi perbankan maupun jasa keuangan lainnya.

Mungkin dari Sebagian nasabah yang baru menggunakan kartu ATM dari bank maupun pengguna lama pasti tidak asing lagi melihat logo maupun tulisan didalam kartu ATM dan bertanya-tanya dalam hatinya tentang kegunaan serta, fungsi dari logo-logo maupun tulisan yang tertera didalam kartu ATM tersebut.

ATM Britama

Perlu sobat ketahui bersama bahwaTulisan maupun logo yang terdapat di dalam kartu ATM tersebut bukan sebagai hiasan Semata namun, logo maupun tulisan tersebut adalah merupakan perusahaan penerbit kartu ATM maupun perusahaan provider jaringan yang memiliki fungsi dan kegunaan masing-masing.

Untuk menjawab pertanyaan sobat semua dan kebetulan sekali pada artikel kali ini saya akan memberikan informasi secara lengkap. mengenai kegunaan dan fungsi dari tulisan maupun logo yang terdapat di dalam kartu ATM debit. Dan kali ini saya akan menggunakan kartu ATM debit Bank BRI sebagai contohnya.

Baca juga:

Kita mulai dari bagian depan sampai bagian belakang kartu ATM, sobat cukup perhatikan yang saya lingkari dengan warna merah sebagai penanda.

Bagian depan kartu ATM.

Atm Britama

DEBIT BRI adalah merupakan sebuah pemberitahuan bahwa kartu tersebut adalah kartu debit bukan kartu kredit.

ATM Britama

PLATINUM adalah merupakan sebuah pemberitahuan bahwa kartu tersebut adalah kartu debit jenis platinum dan biasanya kartu jenis ini berwarna hitam dan memiliki limit transaksi paling besar diantara kartu yang lain.

Atm bri goldGOLD adalah merupakan sebuah pemberitahuan bahwa kartu tersebut adalah kartu debit jenis GOLD dan biasanya kartu jenis ini berwarna keemasan. Dengan limit transaksi satu tingkat di bawah kartu platinum.

Bri private

KARTU BRI PRIVATE kalo dibank lain biasa disebut KARTU SILVER. Kartu jenis ini merupakan kartu standar yang umum dipakai oleh nasabah dengan limit transaksi yang paling rendah.

Untuk perbedaan antara ketiga kartu ATM ini terletak pada limit transaksi serta biaya administrasi yang dibebankan pada setiap jenis kartu yang berbeda-beda.

ATM Britama

VALID THRU 01/25 adalah merupakan sebuah indikasi massa kadaluwarsa kartu ATM, artinya massa aktif kartu ATM tersebut hanya sampai bulan 01 Januari 2025.

ATM Britama

B.R ISTRAMITRA adalah merupakan nama dari pemilik kartu ATM tersebut, namun tidak semua kartu ATM mencantumkan nama pemiliknya dan hanya kartu ATM tertentu saja.

ATM Britama

TABUNGAN BRI BRITAMA adalah merupakan nama jenis tabungan dari kartu ATM tersebut dan nama perusahaan/bank penerbit kartu.

ATM Britama

MASTERCARD adalah merupakan sebuah perusahaan provider jaringan yang berasal dari Amerika serikat, yang memungkinkan nasabah bisa melakukan transaksi didalam dan diluar negeri dengan menggunakan kartu ATM tersebut.

Atm bri touch

VISA adalah merupakan sebuah perusahaan provider jaringan yang berasal dari Amerika serikat, yang memungkinkan nasabah bisa melakukan transaksi didalam dan diluar negeri dengan menggunakan kartu ATM tersebut.

ATM Britama

GPN (Gerbang Pembayaran Nasional) adalah merupakan sebuah Jaringan switching yang dirintis oleh Bank Indonesia BI untuk menghubungkan transaksi nontunai dengan seluruh perbankan di Indonesia, dan kartu jenis ini hanya bisa bertransaksi di dalam negeri saja.

ATM Britama

SMART CHIP adalah sebuah sistem  pembayaran yang membawa microchip tertanam didalam kartu ATM dengan sistem ini tingkat keamanan dari data nasabah akan lebih kuat, dari segala kejahatan seperti (slimming) pembobolan data nasabah serta lebih banyak kemudahan dan pilihan didalamnya.

ATM Britama

NOMOR KARTU ATM adalah merupakan kombinasi 16 digit angka pada bagian depan kartu yang berfungsi sebagai penunjuk identitas kartu maupun identitas bank penerbit kartu.

Bagian belakang kartu ATM.

ATM BRI

CALL CENTER tuliskan tersebut adalah merupakan nomor call center Bank penerbit kartu. yang berfungsi sebagai nomor yang bisa dihubungi oleh nasabah. Untuk melakukan pengaduan atas transaksi dan lainnya.

ATM BRI

LOGO tersebut adalah perusahaan penerbit kartu ATM maupun perusahaan provider jaringan switching yang berguna untuk melakukan berbagai jenis transaksi seperti penggunaan ATM dan mesin EDC. Dan logo-logo tersebut bisa berasal dari perusahaan nasional maupun perusahaan internasional.

ATM BRI

PITA MAGNETIK adalah sebuah media untuk penyimpanan suatu data, yang digunakan oleh bank untuk menjalankan suatu transaksi, salah satunya transaksi penarikan uang didalam mesin ATM. Namun, penggunaan teknologi ini tidak terlalu efektif Untuk menjaga keamanan data base. maka dari itu, semua Bank sekarang mengalihkan kesistem penggunaan berbasis chip, karena dianggap lebih efektif untuk menjaga Keamanan data base dari kartu ATM tersebut.

ATM BRI

SIGNATURE PANEL adalah merupakan area kosong yang biasanya di gunakan untuk menulis tanda tangan pemilik kartu menggunakan pulpen sebagai media penanda.

ATM BRI

KODE CVV / CVC merupakan Kode yang berfungsi sebagai kode verifikasi, Kode CVV / CVC itu juga sebagai penanda kepemilikan sebuah kartu. Sebab pada setiap kartu memiliki kode CVV / CVC berbeda-beda.

Untuk perbedaan  kode CVV dan CVC adalah Kode CVV merupakan sebutan yang dipakai provider jaringan Master Card sedangkan kode CVC digunakan oleh provider jaringan Visa.

Selain itu kode Code. CVV/CVC dibutuhkan juga Pada saat Transaksi  pembayaran maupun pembelian secara online melalui perusahaan e-commerce luar negeri dan sobat akan diminta untuk mencantumkan Kode CVV / CVC sebagai bahan verifikasi keaslian data, Jadi jangan kaget apabila  transaksi sobat ditolak. Karna bisa saja kartu sobat tidak di support dengan kode CVV / CVC didalamnya.

Perlu sobat ketahui bersama bahwa tidak semua kartu debit memiliki kode CVV / CVC, hanya kartu tertentu saja yang memiliki kode CVV / CVC seperti kartu berlogo Visa dan Master Card saja yang memilikinya.

Posting Komentar untuk "Yuk Kenali Arti Dari Logo Maupun Tulisan Pada Kartu ATM"